Senin, 31 Oktober 2011

Menganalisis Logo NIKE


LOGO NIKE

Motto
Nike adalah sayap abstrak dari dewi Nike, sesuai dan bermakna simbol bagi perusahaan yang memasarkan sepatu lari. Slogan “JUST DO IT” dan kampanye desain logo yang kuat seperti itu dikomunikasikan menjadi sudut pandang target pasar mereka bahwa makna untuk desain logo simbol berkembang menjadi teriakan perang dan cara hidup bagi seluruh generasi. Bukankah menakjubkan bagaimana simbol kecil  yang kita sebut desain logo dapat membuat perusahaan menjadi sukses besar.

Histori & Filosofi
Dalam mitologi Yunani, Nike (yang berarti kemenangan) adalah dewi yang dihubungkan dengan kemenangan dan keberhasilan. Bangsa Romawi menyamakan Dewi Nike dengan Dewi Victoria. Menurut berbagai dongeng, Dewi Nike disebutkan sebagai putri dari Pallas (Titan) dan Styx (Dewi Air), saudari dari Cratos, Bia dan Zelus. Dewi Nike dan dan saudara saudari kandungnya menyertai Zeus pada saat perang melawan Titan.
Nike sering digambarkan bersayap dalam lukisan maupun patung. Sebagian besar dewa-dewi Yunani kuno dapat melepaskan sayapnya. Nike adalah dewi kekuatan, kecepatan dan kemenangan baik dalam peperangan maupun dalam kompetisi. Nike berteman dekat dengan Athena (dewi kebijaksanaan).
Nike merupakan salah satu dewi yang figurnya digunakan pada koin. Selain itu figur Nike juga digunakan untuk piala FIFA pertama yang dikenal sebagai piala Jules Rimet. Sejak tahun 1928, figur nike digunakan untuk medali Olimpiade musim panas, yang digambarkan sedang memegang daun palem ditangan kiri dan mahkota kemenangan ditangan kanan.
Perusahaan sport terkemuka, Nike Inc. mengambil nama dewi Nike tersebut.
Logo NIKE ini bernama Swoosh. Nike “Swoosh” adalah sebuah desain yang diciptakan pada tahun 1971 oleh Carolyn Davidson, seorang mahasiswi desain grafis di Portland State University. Dan digunakan sebagai motif pada sepatu olahraga sejak tahun 1970-an. Sedangkan tanda centang pada desain logo perusahaan terdaftar sebagai merek dagang pada tahun 1995.

Font
Ini terlihat sangat dekat dengan Futura T Ekstra Oblique Publikasi Bold, tapi lebih gemuk dan dengan sedikit penyesuaian ke N dan K.
Warna basicnya adalah putih, sesuai dengan warna sayap dewi Nike, tapi pada aplikasinya disesuaikan dengan warna basic yang disponsorinya sehingga warnanya berubah jadi hitam dll.

TUGAS KELOMPOK :
AZHARI MUIS (56409225)
KIKY DWIYANTORO (56409040)
RUDY AFRIADI (51409091)

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan Disini: