Rabu, 03 April 2013

Penerapan Komputasi Modern pada Website PT PLN (Persero)

Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental dan kadang-kadang menggunakan tabel. Karena perkembangan jaman makan komputasi sekarang menggunakan komputer. Komputasi yang menggunakan komputer inilah maka disebut dengan Komputasi Modern. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah yang ada, perhitungan komputasi modern yaitu seperti :

    Akurasi (bit, floating point)
    Kecepatan (dalam satuanHz)
    Problem volume besar (paralel)
    Modeling (NN dan GA)
    Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)
 
Penerapan komputansi modern saat ini berkembang pesat dan mulai di kembangkan di berbagai bidang. salah satunya pada suatu perusahaan. ini dapat di lihat dari website resmi perusahaan tersebut, dimana dalam web tersebut memudahkan orang untuk berinteraksi dengan perusahaan tersebut.

Disini saya akan mencoba membahas tentang website PT PLN Persero yang menerapkan komputansi modern pada websitenya. Yang termasuk komputasi modern pada website ini terdapat pada layanan online yang dimana user/pelanggan dapat melakukan penyambungan baru, perubahan daya maupun penyambungan sementara secara virtual/online tanpa harus datang langsung ke lokasi PLN terdekat. Disini kita juga dapat melakukan simulasi rekening dan simulasi biaya. Sistem ini merupakan gambaran dari penerapan konsep kepintaran komputasi modern yang proses kerjanya di gerakkan oleh komputer. Berikut ini tampilan gambar website PT PLN Persero :
Jika kita lihat dari halaman awal website,  dapat kita bayangkan setiap user yang menggunakan website ini akan merasakan kemudahan dalam mencari informasi yang diinginkan yang berhubungan dengan PLN (Persero), seperti layanan online apa saja yang di berikan, berita terkini yang berhubungan dengan PLN, investor, media, suplier, serta unit  - unit PLN yang ada.


Pada website ini juga terdapat layanan Online seperti cek tagihan rekening, penyambungan baru, perubahan daya serta penyambungan sementara seperti terlihat pada gambar di bawah ini yang termasuk ke dalam komputasi modern. Dengan layanan ini, user dapat melakukan penyambungan baru secara online tanpa harus datang ke PLN. Proses kerja dari layanan ini dijalankan oleh komputer. Berikut tampilan layanan yang dimaksud :
 Selanjutnya untuk melakukan pemasangan baru secara online kita klik pada penyambungan baru seperti gambar diatas, setelah kita klik penyambungan baru, kemudian kita akan masuk pada pengisian data pelanggan serta data pemohon seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
  

Setelah kita mengisikan data pelanggan dan data pemohon maka kita akan mendapatkan  konfirmasi yang di kirim ke email yang telah kita isikan tadi. 

Mohon maaf disini saya tidak dapat melanjutkan step by step, karena ini adalah layanan resmi pemerintah yang harus benar - benar kita isi dengan data kita yang valid, serta benar - benar ingin melakukan pemasangan instalasi listrik baru, semoga bermanfaat dan selamat mencoba menggunakan fasilitas ini.

http://www.pln.co.id/

Komentar pribadi: 
menurut saya website PT PLN (Persero) ini sudah lumayan canggih , karena disini kita dapat melakukan penyambungan baru, perubahan daya, serta melakukan simulasi rekening dan simulasi biaya sebelum kita melakukan pemasangan. dalam penerapannya ini sangat membantu masyarakat agar lebih mudah dalam melihat tanggihan rekening.

kekurangan:
menurut saya masih ada layanan yang kurang di website ini, seharusnya di tambahkan lagi layanan untuk melakukan pembayaran secara online.

 


0 komentar:

Posting Komentar

Ingin mendapat artikel seperti ini langsung ke Email anda? Silahkan masukan alamat email anda untuk berlangganan Disini: